| 4:45 AM


Materi Pelatihan.

Adapun materi pelatihan adalah sebagai berikut :

I. GIS.


Pada pelatihan ini, akan dibahas mengenai GIS dari mulai konsep hingga implementasi mulai dari pembuatan konsep, pengumpulan data, management data hingga penyusunan system dan analisis.
GIS membantu dalam management data spatial. Data-data (berkaitan dengan unsur geografis) yang selama ini selama ini masih banyak dalam format hardcopy (kertas) kebanyakan rusak dengan berjalannya waktu sehingga pada akhirnya data tidak dapat dipergunakan lagi. Dengan GIS data disimpan dalam bentuk digital, sehingga data dapat digunakan selamanya dan mempermudah dalam penggunaanya.
Seiring dengan waktu, maka perubahan kondisi permukan bumi tidak dapat di elakan, untuk itu perlu adanya updating data, sehingga data memberikan informasi terbaru.



II.  GPS
Untuk menghasilkan peta, banyak metode yang dapat dilakukan, diantaranya, pengukuran terrestrial, fotogrametri dan penginderaan jauh. Untuk melakukan pemetaan tersebut tentu diperlukan peralatan-peralatan, diantaranya adalah alat pengukuran GPS (Global Positioning System), dengan menggunakan teknologi GPS ini kita dapat mengetahui posisi suatu objek dipermukaan bumi.
Dengan pengukuran GPS kita dapat memetakan suatu objek dengan cukup mudah. Jelas, untuk ketelitian yang di hasilkan tergantung dari alat GPS yang digunakan.